Deskripsi: Pengertian Email Marketing, kelebihan, dan strategi menjalankannya.
Email marketing adalah salah satu strategi yang banyak digunakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis.
Tujuannya tentu saja berkutat pada proses promosi dan bermuara pada transaksi. Namun di tengah hingar bingar media sosial saat ini apakah email marketing masih cukup efektif?
Tidak perlu menjawabnya sekarang, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin penting mengenai email marketing ini.
Nah, mari bahas bersama apa itu email marketing, kelebihan, potensi serta strateginya. Simak ulasannya berikut ini!
Daftar isi
Apa itu Email Marketing?
Email marketing adalah cara pemasaran produk ataupun jasa yang dilakukan dengan cara memberikan penawaran pada calon konsumen menggunakan email.
Meskipun ini merupakan strategi marketing yang terbilang klasik, namun berpromosi menggunakan email marketing masih tetap digunakan hingga sekarang.
Selain terbukti masih relevan, email marketing juga tidak membutuhkan banyak biaya. Sehingga bisa dibilang sebagai strategi marketing dengan anggaran yang minimalis.
Jadi, bila Anda ingin memasarkan sesuatu dengan cara yang mudah dan murah, maka berpromosi menggunakan email marketing merupakan jawaban yang tepat.
Apa Kelebihan Email Marketing?
Tujuan email marketing adalah sebagai sarana berpromosi. Sebagai media promosi, apa saja kelebihan dan fungsi email marketing?
Mari kupas jawaban selengkapnya di bawah ini.
- Email marketing merupakan sarana promosi yang mudah dan murah.
- Email marketing membutuhkan biaya yang relatif kecil, tetapi hasilnya tetap bisa
- Email marketing masih disukai oleh konsumen karena terkesan profesional.
- Email juga merupakan sarana komunikasi yang lebih personal atau pribadi.
- Pemasaran menggunakan email marketing dianggap lebih efektif dibandingkan dengan berpromosi melalui sosial media.
- Email juga mudah dijangkau oleh berbagai macam perangkat yang berbeda. Mulai dari ponsel, tablet ataupun PC.
Strategi Email Marketing yang Efektif
Tidak peduli sebagai apapun tools atau alat yang Anda gunakan, hasilnya tidak akan maksimal jika strategi yang digunakan kurang tepat.
Nah, untuk Anda yang berencana menggunakan email marketing mari pelajari strateginya di bawah ini.
1. Memanfaatkan Plugin Email Marketing
Jika Anda merupakan pengguna WordPress, sangat penting untuk mengetahui plugin email marketing.
Dengan menggunakan plugin email marketing, maka strategi pemasaran dapat berjalan dengan lebih cepat.
Selain itu, plugin tersebut juga dapat membantu Anda membuat campaign untuk mendapatkan leads lho.
2. Menggunakan Email Blast
Email blast merupakan kegiatan mengirim email kepada banyak orang sekaligus dalam satu waktu.
Dengan menggunakan email blast, Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen secara bersamaan.
Untuk menerapkan metode email blast, Anda dapat memanfaatkan beberapa layanan email marketing.
Seperti diantaranya menggunakan platform MailChimp ataupun Zaho Champaign dan lainnya.
3. Melakukan Email List Building
Membangun email list juga merupakan metode yang tepat untuk menjalankan email marketing.
Dengan membangun email list, Anda jadi tahu siapakah yang tertarik dengan bisnis Anda.
Lalu kemudian memberikan beragam konten edukasi dan promosi yang tepat untuk mereka.
4. Meningkatkan Open Rate Email
Pernahkah Anda menyebarkan email promosi namun tidak mendapatkan tanggapan? Jika demikian, maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana caranya untuk meningkatkan open rate email.
Meningkatkan open rate email sangat penting dilakukan. Tujuannya agar tingkat convention rate dan juga click through rate bisa terus meningkat.
Kuncinya sukses untuk menjalankan strategi tersebut adalah dengan membidik target pasar yang tepat, serta meningkatkan kualitas subjek email yang menarik.
Tips Sukses Membuat Email Marketing
Email marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan email dalam prosesnya.
Meskipun bisa dibilang cukup mudah, namun bagaimana agar aktivitas promosi tersebut mendapatkan hasil yang maksimal?
Simak beberapa tips cara membuat email marketing berikut ini:
1. Judul Email yang Mobile Friendly
Judul email yang mobile friendly artinya tidak hanya menarik, tapi juga mudah untuk diakses baik melalui smartphone maupun tablet.
Judul email yang menarik akan membuat penerimanya menjadi penasaran untuk membuka email tersebut. Selain membuat judul yang menarik, pastikan pula bahwa judul tersebut tidak terlalu panjang.
Judul yang terlalu panjang akan terpotong dan informasi yang diterimanya menjadi tidak utuh ketika diakses melalui ponsel.
Parahnya lagi, kata yang terpotong ini tidak jarang justru terbaca menjadi kata yang aneh bahkan bermakna lain.
2. Buat Email yang Singkat dan Informatif
Email marketing yang baik harusnya berisikan informasi yang jelas, padat dan juga singkat.
Karena apabila isinya terlalu panjang dan bertele-tele, mungkin akan membuat pembaca menjadi bosan.
Selain itu, informasi yang ingin disampaikan juga tidak dapat diterima dengan baik. Ingat, mungkin tidak semua orang menyukai membaca tulisan yang panjang.
Terlebih jika konten yang Anda sampaikan saat itu merupakan promosi. Lain ceritanya saat konten yang Anda kirim berupa materi atau edukasi.
3. Jangan Lupa Tuliskan Nama Pengirim
Kebanyakan orang akan melihat nama pengirimnya terlebih dahulu sebelum membaca email.
Oleh sebab itu, menuliskan nama pengirim juga menjadi poin penting yang tidak boleh dilewatkan.
Tujuannya adalah agar email tersebut terlihat professional serta dapat membangun engagement yang baik dengan calon konsumen.
4. Pilih Desain dengan Visual yang Menarik
Informasi atau konten yang terdapat dalam email adalah yang utama, namun pemilihan desain juga sangat penting untuk diperhatikan.
Pastikan untuk memilih desain yang menarik untuk mendukung aktivitas promosi yang dilakukan.
Ingat, manusia akan lebih tertarik melihat visual berupa gambar dari pada deretan tulisan semata. Itulah ulasan mengenai pengertian email lengkap dengan kelebihan serta strategi suksesnya.
Seperti yang Anda ketahui, email marketing adalah menjadi media promosi yang dilakukan oleh banyak orang. Baik penyedia jasa maupun menjual produk, email marketing ini tetap potensial untuk dicoba.