Internet Marketing

Deskripsi: Pengertian Internet Marketing, jenis, fungsi dan keunggulannya.


Strategi pemasaran melalui internet sekarang ini banyak dijadikan pilihan.

Selain mangsa pasar yang lebih luas, menjalankan pemasaran online juga praktis dan terbukti dapat meningkatkan tingkat penjualan.

Nah, kali ini akan kami ulas secara lengkap pengertian internet marketing, jenis, fungsi serta kelebihannya. Simak selengkapnya disini!

Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

Apa yang dimaksud dengan internet marketing? Pengertian internet marketing adalah merupakan sebuah strategi pemasaran yang dilakukan lewat internet.

Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan penjualan dan menarik minat konsumen terhadap sebuah produk.

Di era digital, penggunaan internet sebagai media untuk promosi dianggap sebagai strategi yang sangat efektif. Karena sekarang ini hampir setiap orang dapat mengakses internet.

Selain lebih praktis, mangsa pasar juga menjadi lebih luas sehingga volume penjualan pun menjadi lebih besar. Dengan cara yang tepat, Anda juga dapat melakukan ekspansi bisnis bahkan hingga ke luar negeri.

Jenis-Jenis Internet Marketing

Internet marketing dilakukan dengan cara memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan promosi.

Dalam prosesnya, internet marketing dapat dilakukan melalui beberapa media seperti  berikut ini:

1. Advertising (Iklan)

Iklan atau advertising biasanya ditampilkan pada situs pihak ketiga seperti blog. Nah, nantinya traffic atau lalu lintasnya akan diarahkan langsung ke website perusahaan.

Tentu saja teknik ini lebih memudahkan proses evaluasi hasilnya.

2. Viral Marketing

Konsep internet marketing tersebut merupakan pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang pada orang lain secara berkesinambungan.

Biasanya strategi ini menggunakan medsos sebagai medianya. Dan tentu saja dengan buzzer atau influencer sebagai pelengkapnya.

3. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing merupakan salah satu jenis promosi yang memanfaatkan iklan pada halaman mesin pencarian.

Konsep promosi tersebut bertujuan untuk meningkatkan visibilitas web pada halaman hasil mesin pencari.

Dengan begitu, Anda bisa mengundang lebih banyak visitor untuk mengunjungi situs website tertentu.

4. Refferal Marketing

Refferal marketing merupakan bentuk promosi dari mulut ke mulut. Cara tersebut juga merupakan cara berpromosi produk atau jasa hanya dengan lewat referensi saja.

Meskipun terbilang hemat biaya, namun teknik ini lebih sulit diukur ketercapaiannya.

5. Search Engine Optimization (SEO)

Teknik SEO merupakan strategi internet marketing yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website atau blog pada halaman mesin pencari.

Umumnya SEO ini ditunjang melalui konten atau artikel serta strategi lainnya seperti backlink.

6. Social Media Marketing

Konsep internet marketing yang satu ini dijalankan dengan menggunakan sosial media sebagai media utamanya. Anda bisa menggunakan cara organik yang minim biaya.

Misalnya saja dengan terus memberikan konten edukasi tentang produk Anda pada target market yang sesuai.

7. Email Marketing

Email marketing dijalankan dengan cara menggunakan email atau pesan elektronik untuk melakukan pemasaran. Apakah Anda bertanya, bagaimana memperoleh email dari target market Anda?

Jawabannya sederhana, buat produk pancingan yang diberikan gratis dan dikirim melelui email. Dengan begitu, target market Anda dengan senang hati akan memberikan emailnya, bukan?

Keuntungan Internet Marketing

Pengertian internet marketing merupakan strategi promosi yang melibatkan internet dalam prosesnya. Di era digital ini, hampir semua bidang membutuhkan akses internet, bukan?

Anda bahkan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui internet.

Mulai dari urusan belanja hingga berjejaring secara sosial. Nah, untuk ulasan lengkapnya mari kita simak apa manfaat internet marketing berikut ini.

1. Tidak Ada Batasan Waktu

Pemasaran yang menggunakan cara konvensional tentu saja sangat terbatas dengan waktu. Jika berjualan di pasar atau toko misalnya, jika waktunya harus tutup maka sudah tidak dapat melakukan pemasaran.

Namun lain halnya jika Anda menggunakan internet untuk melakukan strategi marketing. Kapanpun Anda ingin berpromosi, maka dapat dilakukan pada saat itu juga.

Jadi, metode pemasaran tersebut tidak memiliki batasan waktu.

2. Pangsa Pasarnya Sangat Luas

Sekarang ini hampir setiap orang memiliki ponsel dan smartphone serta terkoneksi dengan internet. Oleh sebab itu, apabila melakukan pemasaran melalui internet.

Maka akan membuat mangsa pasar menjadi lebih luas. Target konsumen juga lebih banyak dibandingkan dengan ketika menggunakan cara konvensional secara offline.

3. Menghemat Biaya Pemasaran

Melakukan promosi menggunakan internet juga dapat menghemat biaya pemasaran. Anda tidak perlu membayar biaya untuk mencetak brosur, banner, spanduk dan lain sebagainya.

Karena dengan adanya internet, maka pemasaran menjadi lebih mudah dan lebih murah.

Dengan internet marketing, para pebisnis juga dapat menekan biaya pemasaran. Sehingga biaya tersebut dapat dialihkan ke ranah yang lebih efektif.

4. Menjadi Penghubung Buyer dan Seller

Internet juga dapat menghubungkan orang-orang dengan jarak yang berjauhan. Salah satunya adalah menghubungkan antara pembeli dengan penyedia jasa.

Dengan adanya penghubung langsung, maka pembeli akan mengenal lebih dekat dengan penjual. Jadi, aktivitas jual beli menjadi lebih meyakinkan.

Kesimpulan

Di dalam konsep internet marketing, terdapat banyak sekali media yang dapat digunakan untuk berpromosi.

Diantaranya adalah seperti website, artikel SEO, e-commerce, email marketing, sosial media marketing dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan internet marketing, maka pemasaran akan lebih mudah, murah namun hasilnya lebih optimal.

Itulah beberapa informasi mengenai pengertian internet marketing, jenis, dan juga keuntungan menggunakan internet marketing.

Semoga dapat membantu Anda memaksimalkan bisnis yang sedang dijalankan, ya?

About Hans

Good vibes only!

Check Also

Perbedaan KBps dan Kbps

Perbedaan Byte dan bit – Seringkali kita keliru dalam mengartikan bit dan Byte pada informasi …