Deskripsi: Pengertian Produk, Konsep, Tingkatan dan Klasifikasi.
Istilah produk kerap digunakan dalam berbagai kesempatan. Produk sangat identik dengan suatu barang yang dihasilkan dari proses produksi.
Apakah produk hanya berupa beda fisik? Tentu saja tidak.
Mari kita simak pembahasan mengenai pengertian produk dan seluk beluk tentang produk dan produksi.
Daftar isi
Pengertian Produk
Produk adalah luaran yang dihasilkan dari serangkaian alur produksi yang dikerjakan oleh pihak yang disebut produsen.
Produsen yang dimaksud dalam hal ini adalah perusahaan maupun perseorangan yang akan menjual produk tersebut kepada konsumen yang memerlukan.
Konsumen membeli suatu produk dari konsumen untuk mencukupi kebutuhan atau pun hanya sekadar memenuhi kepuasan belaka.
Dari situlah produsen mendapatkan sebagian besar keuntungan.
Konsep Produksi
Produk berkaitan sangat erat dengan proses produksi. Produksi sendiri memiliki sebuah konsep yang selalu dianut oleh produsen.
Konsepnya adalah produsen harus selalu menghadirkan produk yang inovatif dan memiliki kualitas terbaik agar konsumen menyukainya.
Produk yang memenuhi konsep tersebut harus diciptakan dengan perhitungan yang matang. Produsen juga tak boleh berpuas diri dengan produk yang telah diciptakannya.
Sebab konsumen selalu menginginkan sesuatu yang baru. Pembeli atau konsumen juga akan lebih memilih produk yang memiliki keunikan dibandingkan produk yang umum.
Tingkatan Produk
Produk terdiri dari tiga tingkatan, yaitu produk inti, aktual, dan campuran.
1. Produk Inti
Produk inti adalah produk yang memberikan fungsi untuk memenuhi kebutuhan utama seorang konsumen.
Contohnya adalah mobil yang berfungsi untuk membantu konsumen berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
Dalam hal ini, mobil termasuk dalam golongan produk inti.
2. Produk Aktual
Produk aktual perlu diciptakan untuk mendampingi produk inti. Produk aktual perlu memenuhi beberapa karakteristik di bawah ini:
- tingkat kualitas
- fitur
- rancangan
- merek atau brand
- kemasan
- Produk Campuran
Produk campuran adalah hasil perpaduan antara seluruh produk dari segala tingkatan yang akan dijual kepada konsumen.
Produk-produk tersebut harus mempunyai 4 dimensi utama yaitu:
- Luas produk merupakan banyaknya pilihan tingkatan produk yang ditawarkan oleh produsen kepada pembeli.
- Panjang produk merupakan banyaknya pilihan produk yang tersedia dalam setiap tingkatan.
- Kedalaman produk adalah banyaknya varian dari setiap produk yang ada di dalam setiap tingkatan.
- Konsistensi produk berkaitan dengan hubungan antara tingkatan produk dengan penggunaan akhir, keperluan produksi, serta proses distribusi kepada konsumen.
[onphpid_related_posts]
Klasifikasi Produk
Produk diklasifikasikan menjadi dua, yaitu produk konsumsi dan industri.
1. Produk Konsumsi
Produk konsumsi adalah produk yang sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tingkat akhir. Jadi, produsen melakukan proses produksi lalu mendistribusikannya secara langsung kepada masyarakat.
2. Produk Industri
Sedangkan produk industri dibuat oleh produsen untuk dijual kepada produsen juga. Produk ini akan digunakan dalam proses produksi.
Ada beberapa jenis komoditas yang termasuk produk industri, antara lain:
- Suku cadang dan bahan mentah atau setengah jadi
- Barang modal
- Logistik dan layanan bisnis
Ciri-ciri Produk yang Disukai Konsumen
Apabila Anda ingin menciptakan sebuah produk sebaiknya Anda memahami tentang kriteria atau ciri-ciri produk yang disukai oleh pembeli.
1. Tahan Lama atau Awet
Syarat pertama agar sebuah produk tampak menarik di mata konsumen adalah awet atau tahan lama.
Artinya, produk tidak gampang mengalami kerusakan.
Selain itu, produk juga wajib memiliki daya tahan atau durabilitas yang tinggi.
Semakin awet sebuah produk, konsumen akan semakin menyukainya dan tertarik untuk membeli.
2. Perawatan yang Mudah
Konsumen menyukai barang yang tahan lama namun tidak menyukai proses perawatan yang rumit.
Produk yang lebih disukai konsumen adalah barang yang mudah dirawat.
Semakin sederhana perawatan yang perlu dilakukan, produk tersebut akan semakin banyak dibeli oleh masyarakat.
3. Murah
Kriteria terakhir dari produk yang disukai oleh konsumen adalah harga yang murah.
Harga yang murah tentu lebih terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.
Apalagi ditambah dengan kualitas produk yang baik, perpaduan ini sangat sempurna di mata konsumen.
Produk diciptakan untuk konsumen, sehingga produsen harus memenuhi kebutuhan dan juga keinginan konsumen.
Perusahaan atau produsen harus merancang produk yang kualitasnya baik, mudah dalam perawatan, serta memiliki harga yang murah untuk menarik minat konsumen.